Kamis, 20 Februari 2014

Bagaimana dengan sejarah batik pekalongan?


Tidak ada riwayat yang resmi mengenai kapan pastinya seni batik ini masuk ke Pekalongan. 
 reseller crocs  Menurut para ahli, seni batik sudah ada di Pekalongan di sektiar tahun 1800-an, karena berdasarkan catatan Deperindag ada kain batik yang dibuat pada tahun 1802 dengan motif atau hiasan semacam pohon kecil.  Seni batik di kota ini mulai berkembang pasca perang Diponegoro (1825 – 1830) dimana keluarga kesultanan Mataram yang meninggalkan keraton menyebar ke arah timur dan barat, termasuk ke Pekalongan.
Mereka inilah yang kemudian berperanan sangat penting dalam mengembangkan batik Pekalongan. Seni batik yang memang sebelumnya sudah ada di kota tersebut, menjadi semakin berkembang dengan kedatangan keluarga kerajaan Mataram. Perkembangan pesat terutama di daerah daerah pesisir seperti Pekalongan kota, Wonopringgo, Pekajangan dan Buaran.
Corak Batik Pekalongan sampai sekarang motif sudah mengalami berbagai perkembangan yang cukup cepat, melebihi daerah lain seperti Solo dan Yogya. Ciri khas batik Pekalongan diantaranya adalah pemakaian ragam hias berbentuk tumbuh tumbuhan yang realistis. Ciri khas ini tetap bertahan terutama disebabkan oleh fakta bahwa industri batik Pekalongan terdiri dari ratusan pengusaha rumahan atau pengusaha kecil dan kegiatan membatik kebanyakan juga dilakukan di rumah maka seni batik seakan menyatu dengan kehidupan mereka.

Setiap daerah penghasil batik mempunyai ciri khas tertentu atas batik yang dihasikan. tak terkecuali pekalongan dengan ciri khasnya yang cerah

Demikian share mengenai karakteristik batik pekalongan.  jersey piala dunia
   Tentunya dengan ciri khas permainan warna yang cerah dan berani. Terimakasih atas perhatiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar